Cara Memulai Bisnis Kos-kosan

Cara Memulai Bisnis Kos-kosan

Jika Anda tertarik untuk membangun bisnis rumah kost, namun bingung bagaimana cara memulainya. Simak beberapa strateginya berikut ini.

1. Memilih bangunan yang tepat

Baik membangun sendiri ataupun membeli rumah kost jadi, Anda harus mengenali dan memperhatikan setiap detail bangunan tersebut. Pastikan bahwa kondisi bangunan layak untuk ditempati, sehingga Anda tidak perlu melakukan renovasi ulang.

Selain itu, jika Anda membelinya dari orang lain, baik itu perorangan maupun pengembang, ada baiknya untuk mengecek segala hal terkait legalitas bangunan. Jangan sampai, Anda membeli bangunan sengketa. Karena hal itu akan merugikan diri Anda sendiri.

2. Mengenal jenis properti

Sebelum memutuskan membuat kos-kosan, kenali lebih dulu properti Anda, apakah bangunan tersebut cocok bila dijadikan sebagai rumah kost. Mengingat, kos-kosan membutuhkan banyak kamar dengan ukuran standar dan fasilitas. Karena itu, pertimbangkan dengan baik jenis properti Anda.

3. Bangun dengan konsep unik

Strategi bisnis kos-kosan untuk menarik minat para calon penghuni, akan lebih baik jika Anda membangun rumah kost dengan desain yang menarik dan unik. Hunian dengan konsep industrial dan minimalis akhir-akhir ini sedang banyak diminati karena dianggap aesthetic.

4. Pilih lokasi strategis

Tips bisnis kos-kosan selanjutnya adalah memilih lokasi strategis. Dalam hal ini, strategi yang dimaksudkan adalah dekat dengan perkantoran, sekolah atau kampus. Semakin strategis lokasi Anda, maka akan ada banyak calon penghuni mengincarnya.

5. Tampak bersih dan terawat

Tidak hanya perkara eksterior dan lingkungan sekitar, namun Anda juga perlu memperhatikan sisi kebersihan dan perawatan di dalam bangunan. Calon penghuni cenderung akan menyukai rumah kost yang memperlihatkan hawa bersih serta tidak kumuh. Untuk itu, unsur kebersihan sangat penting untuk menarik mereka.

6. Memiliki fasilitas yang layak

Harga rumah kost biasanya dibanderol sesuai dengan fasilitas yang diberikan. Fasilitas umum dan layak standar rumah kost setidaknya kasur, lemari pakaian, meja dan kursi. Ada pula rumah kost menawarkan kamar mandi dalam dengan fasilitas lengkap seperti AC, TV hingga water heater.

7. Menetapkan harga sewa bersaing

Cara bisnis kos-kosan yang terakhir adalah menetapkan harga sewa bersaing. Sebelum menetapkan harga, Anda bisa melakukan riset kompetitor terlebih dulu. Riset ini meliputi, fasilitas, kondisi hingga harga.

Jika sekiranya Anda memiliki fasilitas lebih lengkap, maka bisa mematok harga lebih tinggi, namun tetap sesuaikan dengan harga pasaran pada lokasi tersebut.

Leave a Reply

Need Help? Chat with us!
Start a Conversation
Hi! Click one of our members below to chat on WhatsApp
We usually reply in a few minutes
%d bloggers like this: